Rabu, 18 Mei 2011

contoh resensi buku non fiksi

Identitas buku
Judul  buku         : Bahan Dasar untuk pelayanan konseling pada satuan pendidikan menengah jilid III
Penulis                                 : Dra. Naniek krishnawati dan Dra. Yeni suryani
Penerbit              : Gramedia Widiarsana Indonesia
Tahun terbit       : 2010
Tebal buku         : 114 halaman







PENDAHULUAN
Bagi kita yang sebagai pelajar, membaca buku seolah-olah seperti berolahroga. Sebagaimana seorang empu keris yang bekerja dalam waktu yang lama untuk membuat keris yang ringan dari bahan yang bobotnya puluhan kilogram, seperti itu pulalah yang akan dilakukan oleh kita
Bedanya, kita tidak melakukan pekerjaan menempa besi, tetapi membaca buku. Tentu saja ada ribuan judul buku yang sudah dibaca kita. Namun, dalam bukunya yang berjudul  “Bahan Dasar untuk pelayanan konseling pada satuan pendidikan menengah jilid III “

Peningkatan kualitas pendidikan adalah suaru tugas dan tanggung jawab semua pihak yang harus dilakukan terus menerus dan secara terpadu atau menyeluruh.
Buku ini memiliki materi materi yang dapat mendukung peningkatan kualitas pendiidikan di Indonesia . karena kami semua yakin dengan adanya bantuan dari buku ini, kita dapat sukses kelak nanti. Kerena buku ini diciptakan oleh penuis berdasarkan kepada penerapan kurikulum setandar isi 2006.
Dalam buku ini terdapat beberapa kelebihan dibandingkan dengan buku yang diterbitkan tahun lalu oleh penerbit yang sama. Tujuan utamanya adalah memandirikan atau memberdayakan sekolah dalam mengembangkan kompentisi yang akan disampaikan kepada peserta didik. Sesuai dengan kondisi lingkungannya, serta mengantisispasi tuntunan masa depan yang menuntut penyiapan generasi yang mandiri.
Penerbit pun juga mengamanatkan agar peserta didik dibekali dengan kecakapan hidup (life skills baik general life skills maupun spesific life skills ). Buku ini juga di buat oleh pengarang dengan keunukan yang dimunculkan didalam buku ini ( gambar animasi di setiap topik yang di bahas ),ukuran buku yang tipis dan tidak terlalu lebar, cover yang menarik.

Jakarta, Desember 2010

Peresensi

ISI RESENSI
Dengan cara yang menawan, buku ini mengisahkan bagaikan seorang kakek yang baru pulang dari berkelana di negeri yang jauh, kemudian menceritakan pengalamannya kepada anak cucunya.
Dalam buku ini terdapat kata sambutan  dari ketua umum pengurus besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling serta  kata sambutan dari pengamat  Bimbingan dan Konseling. Dan dalam buku ini terdapat 9 topik yang mengulas tentang  materi pendukung motivasi siswa dalam menempuh masa depan. Seperti pada:
  • Topik ke-1 siswa diberikan konsep dasar untuk sukses ujian yang bertujuan agar siswa dapat memperoleh sikap pengetahuan, bakat, dan ketrampilan yang berpengaruh pada keefektifan belajar disekolah sehingga lebih siap mengikuti ujian akhir nasional. Serta diberitahukan kepada siswa mengenai pemahaman tentang : standar kelulusan , Ujian Nasional , Ujian Sekolah , Ujian Praktek , persiapan untuk menghadapi Ujian seperti :persiapan fisik , persiapan mental persiapan teknis , persiapan materi uji , keterampilan menyimak dan berkomunikasi efektif berkaitan dengan kegemilangan mencapai tujuan serta mempertunjukan sifat diandalkan , pruduktivitas ,inisiatif, independasii dan kemampuan untuk bekerja secara koperatif.
  • Topik ke-2 siswa diberikan kiat kiat keberhasilan di sekolah dengan tujuan siswa memperoleh strategi-strategi untuk meraih kesuksesan di sekolah. Seperti cara memodifikasi manajemen waktu. Mengakses sumber bantuan tambahan dalam peningkatan performa akademik ( gaya belajar :visual, audio, kinestetik/ memproses informasi dengan menggunakan indra peraba. belajar kelompok ,kondisi alfa atau titik tenang , serta suasana dan waktu belajar yang sangat baik. )
  • Topik ke-3 siswa diberikan kemampuan akademik dan psikologis untuk hidup sukses yang bertujuan agar siswa memahami hubungan antara kemampuan akademik dan psikologis dengan dunia kerja dan kehidupan dirumah serta dalam komunitas.
  • Topik ke-4 siswa diberikan informasi tentang identifikasi karier yang bertujuan agar setelah kegiatan ini, siswa diharapkan memperoleh ketrampilan untuk mengidentifikasi dunia kerja dalam kaitannya dengan pengetahuan dan pembutan pilihan karier.serta di dalam bab ini siswa diberitahukan tentang jalur pendidikan diperguruan tinggi baik kedinasan , negeri, swasta. Jenis jenis perguruan tinggiyang ada di Indonesia. System penerimaan mahasiswa baru. System belajar di perguruan tinggi.
  • Topik ke-5 siswa diberikan startegi untuk memperoleh kepuasan dan kesuksesan karier di masa yang akan datang.
  • Topik ke-6 siswa diberikan pemahaman hubungan antara kualitas pribadi , pendididkan , dan pelatihan serta dunia kerja.
  • Topik ke-7 siswa diberikan pengetahuan , sikap ,dan keterampilan interpersonal untuk membantu diri dan orang lain.
  • Topik ke-8 siswa diberikan informasi dalam menata tujuan dan hasil yang ingin dicapai.
  • Topik ke-9 siswa diberikan  cara dalam pertahanan dan kemampuan menyelamatkan diri dimasa depan nanti.
Serta  terdapat lembar lampiran tentang surat lamaran pekerjaaan dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris,informasi beasiswa,informasi mengenai sekolah tinggi kedinasan,dan informasi jurusan –jurusan yang ada di perguruan tinggi.
Buku ini memiliki keunggulan yaitu :
  • Buku ini memiliki cover yang menarik untuk dilihat sehingga pelajar akan termotivasi untuk mengetahui apa isi dari buku ini
  • Terdapat kata-kata sambutan dari ketua umum pengurus besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling serta  kata sambutan dari pengamat  Bimbingan dan Konseling yang menjelaskan apa itu Bimbingan dan Konseling? Fungsi  Bimbingan dan Konseling ,jenis layanan  Bimbingan dan Konseling ,kegiatan pendukung pelayanan  Bimbingan dan Konseling, penerapan  Bimbingan dan Konseling dalam satuan pendidikan.
  • Pada penjelasan perguruan tinggi  kedinasan lebih lengkap dari pada buku modul yang lain.
  • Informasi mengenai jenjang kuliah diluar negeri “Australia” lebih lengkap.
  • Pada ilmu-ilmu teknik  “Planologi”  dijelaskan lebih lengkap daripada buku modul yang lain.
  • Terdapat informasi Perguruan tinggi swasta “UMN” UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA
Serta dalam buku ini terdapat kekurangan di bandingkan  buku modul yang lain, yaitu:
  • Daftar pustaka diletakan pada  lembar setelah bahan ke-7 “akhir bahan  pembahasan” sehingga siswa dapat meragukan kekhasaan buku ini
  • Pada Informasi mengenai jenjang kuliah diluar negeri “Jepang” tidak diberitahukan mengenai dukungan dana belajar saat kuliah di jepang dan tidak terdapat informasi akurat perihal studi dijepang bagi peminat studi di jepang
  • Pada penjelasan Fakultas Teknik Industri “Informatika” tidak dijelaskan dimana perguruan yang terdapat fakultas ini
  • Tidak terdapat tabel progam studi dan Perguruan Tinggi Negeri  bagi kelompok IPA dan IPS, baik kelompok Non kependidikan ataupun Kependidikan
Penutup
Sekian resensi buku buku bimbingan dan konseling yang diperuntukan untuk para pelajar kelas III SMA/MA Oleh karena itu buku ini di terbitkan untuk pelajar SMA, khususnya pelajar kelas 3 SMA yang mempunyai  problematika dalam menentukan jurusan dalam perkuliahan sekaligus sebagai pedoman siswa untuk membuat perencanaan kedepannya. Untuk lebih jelasnya silahkan anda membaca buku ini dengan seksama.
Serta kami selaku peresensi buku ini mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan dihati pembaca kurang lebihnya kami mohon maaf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar